Home » » Tips & Trick Mengatasi Blackberry Bermasalah (Lemot)

Tips & Trick Mengatasi Blackberry Bermasalah (Lemot)

Penulis : Unknown on Selasa, 20 Agustus 2013 | 18.51

Berikut penjelasan dan langkah-langkah yang bisa dilakukan bila menghadapi blackberry yang bermasalah (lemot)

Aktifkan Fitur Conten Compression
Fitur Content Compression bekerja untuk mengecilkan segala file yang bisa dikecilkan ukurannya untuk menghemat kapasitas memory Blackberry.

Caranya :
options –> security options –> general setting –> pilih “enable” pada Content Compression


Hapus Aplikasi Tidak Dipakai
Coba cek aplikasi apa saja yang sudah tidak dipakai lagi. Kadang kita menginstal aplikasi karena penasaran sama judulnya yang kedengaran keren tapi ternyata tidak sesuai dengan harapan dan kebutuhan kita. Nah aplikasi-aplikasi seperti itu kadang lupa kita enyahkan dari Blackberry.

Caranya :
options –> advanced options –> applications –> arahkan track ke aplikasi yang mau dihapus –> tekan menu –> pilih delete

Catatan :
 Di menu aplikasi ini juga bisa menghapus:
- Game yang sudah tidak pernah dimainkan.
- Aplikasi bantuan huruf (font support) bahasa Jepang, Cina dan Korea kalo memang tidak butuh
aplikasi bahasa-bahasa itu.
- Aplikasi Help. Kalo kamu sudah pake Blackberry dalam waktu lama dan sudah ngerti pake Blackberry gimana caranya, bisa hapus saja aplikasi Help ini.


Bersihkan Browser
Browser bisa bermasalah kalo tidak dibersihkan secara berkala. Yang dibersihkan cuma : browser cache.

Apa itu browser cache? Setiap buka situs lewat browser, otomatis Browser ini akan mengingat pernah ke situs ini, situs itu, login sana, login sini dan sebagainya. Dia mengingat itu semua supaya dia bisa lebih cepat loading kalo besok-besok masuk ke situs yang sama. Ingatannya itu yang disebut cache.

Nah, lama kelamaan saking terlalu banyak yang mesti dia ingat, Browser ini jadi suka bingung sendiri. Ini terjadi karena tidak pernah membersihkan memori/ingatan Browser yang tidak jelas asalnya.

Caranya :

masuk ke browser –> tekan menu –> options –> cache operations –> pilih clear untuk semua history, content cache, pushed content dan cookie cache.

Membersihkan browser cache ini bisa dilakukan paling sedikit seminggu sekali. Atau bisa juga beberapa kali dalam sehari.

 
Hapus Lagu, Foto dan Video Tidak Perlu
Kalau misalnya ada lagu, foto atau video yang tidak penting tapi masuk kategori “dibuang sayang”, maka sebaiknya dipindahkan saja ke komputer atau laptop.

 
Hapus Theme yang Tidak Dipakai
Ini juga salah satu yang sering dilupakan banyak orang. Mereka senang mencoba beberapa themes, tapi setelah itu theme-theme yang tidak dipake dibiarkan saja di Blackberry.

Caranya :

options –> theme –> arahkan track ke theme yang tidak dipake –> tekan menu –> delete
atau bisa juga :
options –> applications –> cari nama theme yang tidak dipakai –> tekan menu –> delete

Bersihkan Fitur Memory
Setiap perangkat Blackberry dilengkapi dengan kemampuan mengingat (memori). Berbeda dengan memorinya Browser tadi yang cuma sebatas di browser saja, kali ini kita bicara tentang memori Blackberry dengan cakupan yang lebih sistemik.

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, adalah akan sangat mantap sekali bila mengakhirinya dengan sebuah proses yang namanya memory cleaning. Proses ini tidak menggunakan aplikasi, pihak RIM sebagai pembuat Blackberry memang sudah membenamkan fitur ini ke dalam samudera sistem Blackberry.

Caranya :

options –> security options –> advanced security options –> memory cleaning
di halaman ini ada beberapa pilihan :
Status : atur ke “enable”
Clean when hosltered :
holster adalah sarung kulit buat Blackberry yang original yang ikut dalam paket penjualan tiap Blackberry. Tiap Blackberry memang ada holster-nya tapi jarang orang yang pakai karena alasan holster kurang modis.
Padahal sebenarnya holster original itu bukan sekedar “Sarung  Tanpa Gaya”. Dia memang sudah dirancang oleh RIM selain untuk menghemat daya batre (Blackberry akan beralih ke mode stand by setiap kali dimasukkan ke dalam holster) tapi holster ini juga diciptakan untuk bersinergi dengan fitur-fitur tertentu misalnya fitur memory cleaning ini.
melalui pilihan “Clean When Holstered” ini, Blackberry bertanya,“Apakah Anda mau memory Blackberry Anda dibersihkan tiap saat Blackberry Anda dimasukkan ke holster atau ketika sedang berada dalam holster?”
Jika setuju dengan penawaran itu, maka aturlah “YES” di pilihan ini.

Clean When Idle :
plih yes kalo kamu setuju memory hape dibersihkan walau Blackberry dalam keadaan idle. Idle itu maksudnya Blackberry lagi tidak dipakai alias anteng-anteng aja.

Idle timeout :
Ini pengaturan tiap berapa menit memory mau dibersihkan dalam keadaan idle tadi. Silahkan pilih sendiri sesuai kebutuhan. Ada beberapa pilihan lainnya tapi tidak usah diubah.

Share this article :

Posting Komentar

 
Company Info | About Me | Privacy policy | Disclaimer | Yueztimothy © 2013. Mobile Lifestyle . All Rights Reserved.
Design Template by yueztimothy | Support by Mobile Lifestyle | Powered by Edisi2013